A. Pendidikan Di Turki
Pada
awalnya Turki merupakan salah satu negara yang berbentuk kerajaan. Saat
ini pemerintahan turki berbentuk republik yang beribu kota di Istanbul.
Republik Turki termasuk sebagai negara dan memproklamirkan diri sebagai
negara sekuler, namun tidak bisa dipungkiri bahwa jiwa Islamnya tetap
melekat dan tak terpisahkan dari bangsa Turki. Begitu pun berdampak
terhadap kemajuan pendidikan di negara tersebut.
Masuknya
sistem pendidikan modern dalam kalangan kerajaan Turki Usmani bermula
sejak sultan Mahmud II (1785-1839 M ), Turki mengadakan pembaharuan
dalam berbagai bidang pendidikan. Di zaman itu, madrasah serupakan
satu-satunya lembaga pendidikan yang ada di kerajaan Turki Usmani. Di
madrasah itu Mahmud menyadari bahwa madrasah-madrasah tradisional
tersebut tidak sesuai lagi dengan tuntunan perkembangan zaman. Oleh
karena itu Turki berusaha untuk memperbaiki sistem pendidikan madrasah
yang ada, agar anak-anak bisa mendapatkan pelajaran pengetahuan umum.
Namun mengadakan perubahan dalam kurikulum madrasah dengan memasukkan
pengetahuan-pengetahuan umum pada waktu itu sangat sulit. Karena itu,
Turki mendirikan dua sekolah pengetahuan umum yang berdiri sendiri.
Terpisah dari sistem madrasah tradisional yang ada. Kedua sekolah
tersebut adalah Sekolah Pengetahuan Umum (Mekteb-Ima’rif) dan Sekolah sastra (Mekteb-I Ulum Edebiye)
B. Tujuan Pendidikan
Tujuan
sistem pendidikan di Turki adalah untuk mendidik produktif, individu
yang senang dengan pandangan luas pada urusan dunia yang akan bersatu
dalam kesadaran nasional dan berfikir untuk membentuk sebuah negara yang
tidak dapat dipisahkan, dan akan memberikan kontribusi untuk
kesejahteraan masyarakat melalui keterampilan mereka. Ini adalah
pemikiran yang akan memainkan peranan dalam pembentukan Turki sebagai
bangsa yang kreatif dan membedakan anggotanya dari dunia modern.
C. Struktur dan Jenis Pendidikan
Setelah
perubahan dari Usmani ke Republik Turki banyak reformasi di bidang
pendidikan telah dibuat. Seperti di Ottomans bahasa Usmani adalah sulit,
abjad Arab adalah salah satu yang sangat sulit untuk belajar, dengan
rasio keaksaraan sangat rendah dan pendidikan agama adalah subjek utama
banyak perubahan radikal telah dibuat. Beberapa yang penting adalah
sekularisasi dan perubahan abjad.
Sistem pendidikan Turki , pendidikan dasar
antara usia 6 dan 14, dan pada tahun 2001 pendaftaran anak-anak dalam
rentang usia ini adalah hampir 100%. Untuk 14-18 tahun tiga tahun atau
lebih dari pendidikan sekunder tersedia di depan umum, pembelajaran
berjarak, kejuruan dan sekolah tinggi..
Sekitar 95% dari siswa menghadiri sekolah negeri, tetapi ketidakcukupan
ini membuat masyarakat semakin memotivasi orang tua kelas menengah
untuk mencari pendidikan swasta.
Selain
dari sistem pendidikan umum, juga ada nursery school yaitu pelatihan
pra-sekolah yang diselenggarakan swasta. Namun, tingkat pendidikan ini
belum umum dan terbatas pada sekitar 5-10% dari anak-anak prasekolah di
Turki. Kebanyakan keluarga di kota-kota besar dan ibu-ibu bekerja
memilih untuk tidak menyekolahkan anaknya ke sekolah Nursery. Pada
dasarnya anak-anak mulai usia sekitar empat tahun dan mempelajari
permainan, teater, melukis, tata krama, lagu, dll
Sekolah
Dasar, yang wajib selama 8 tahun dimulai pada usia 7 umumnya tetapi,
tergantung pada perkembangan fisik anak-anak juga dapat 6 tahun. Di
beberapa daerah pedesaan orang tua tidak dapat mengelola secara fisik
untuk memasukkan anak-anak mereka ke sekolah karena mereka tinggal jauh
dari kota-kota di pegunungan.
Sekolah
menengah ini terdiri dari Sekolah Menengah Atas, yang biasanya memakan
waktu 3 tahun. Di sekolah-sekolah ini, sistem satu guru kelas untuk
setiap perubahan ke spesialis guru untuk setiap mata pelajaran. Siswa
dapat memilih satu bahasa asing dari Inggris, Perancis atau Jerman.
Pendidikan pada tingkat ini adalah gratis kecuali di sekolah swasta di
mana biaya rata-rata sekitar 4.000 US Dolar per tahun. Siswa menunjukkan
rasa hormat terhadap guru mereka dengan memanggil “sir” atau “guru”,
atau berdiri di kelas ketika seorang guru memasuki kelas.
Pendidikan Menengah, terdiri dari Ortaokul dan Lioce Ortaokul
bagi anak-anak berumur 12-14 tahun, sedangkan lice sekolah lanjutan
atas 3 tahun setelah Ortaokul. Ortaokul merupakan sekolah umum, yang
mempersiapkan untuk memasuki pendidikan lebih tinggi namun juga di
bangun sekolah ortaokul yang bersifat kejuruan teknik. Tetapi kebanyakan
orang tua menghendaki anaknya memasuki sekolah tamat ortaokul ini.
Sedangkan lice juga terdiri dari pendidikan yang bersifat umum dan
pendidikan yang bersifat kejuruan dan teknik. Sebagiannya ada yang
khusus untuk anak laki-laki dan lainnya khususnya untuk anak perempuan.
Universities
Universitas terdiri dari perguruan tinggi dua tahun dan empat tahun,
yang berasal dari sekolah pendidikan lanjutan yang semua otonom yang
berafiliasi ke Dewan Pendidikan Tinggi. Terdapat total 60 perguruan
yang tidak termasuk swasta. Siswa yang masuk perguruan tinggi melalui
ujian yang diselenggarakan setahun sekali. Dalam rangka untuk
mendapatkan masa depan yang baik, siswa akan belajar di departemen baik
di perguruan tinggi. Ini sebabnya mereka mulai belajar untuk ujian masuk
sebanyak dua tahun sebelumnya, pada umumnya mengambil kursus swasta
juga. Para siswa harus mendapatkan minimal 105 poin untuk memiliki
kesempatan. Untuk belajar di Perguruan Tinggi tidak semua orang bisa
mendapatkan tempat. Secara umum 1/3 dari para siswa dapat melanjutkan ke
perguruan tinggi. Yang lain, jika mereka mampu melanjutkan ke perguruan
tinggi swasta, mulai bekerja, tunggu satu tahun atau lebih mengikuti,
pelatihan militer untuk laki-laki.
Berbeda
dengan tingkat pendidikan sebelumnya, siswa harus membayar biaya
sekitar US $ 100-350 per tahun di pendidikan tinggi. Setelah empat tahun
belajar mereka juga dapat terus melakukan master untuk satu atau dua
tahun. Ini juga dengan pemeriksaan dan biaya yang lebih sedikit.
D. Manajemen Pendidikan
1. Otorita
Badan
yang bertanggung jawab terhadap pendidikan adalah Milli Egitim
Bakanligi (Ministry of National Education) Milli Egitim Bakanligi
(Departemen Pendidikan Nasional) yang dikepalai seorang menteri. Untuk
periode kali ini dikepalai oleh Hüseyin Çelik.
2. Pendanaan
Pada
tahun 2002, total pengeluaran untuk pendidikan di Turki sebesar $ 13,4
miliar, termasuk anggaran negara yang dialokasikan melalui Departemen
Pendidikan Nasional dan swasta dan dana internasional.
Universitas
publik biasanya tidak memungut biaya mahal dengan biaya $ 15.000 per
tahun, dan oleh karena itu, mayoritas siswa mengikuti pendidikan di
lembaga-lembaga publik. Sejak 1998, perguruan tinggi telah diberikan
otonomi yang lebih besar dan didorong untuk meningkatkan dana melalui
kemitraan dengan industri.
3. Kurikulum
Pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah 9 dan kelas 10 adalah:
- Bahasa Turki
- Turki sastra
- Matematika
- Fisika
- Chemistry
- Biologi
- Geometry
- Sejarah Turki
- Geografi
- Bahasa Inggris
- Bahasa Asing (Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Arab, Rusia)
- Keamanan nasional
- Studi kesehatan
- Electives
- Profesi Pelajaran (hanya di Sekolah Tinggi Kejuruan)
- Kursus Agama (hanya dalam Anatolian Imam Hatip-SMA dan Imam-Hatip SMA)
E. Isu Pendidikan
Terhitung
sejak Senin (28/7/2008) Mahkamah Konstitusi (MK) Turki membahas (secara
maraton) dakwaan pelanggaran konstitusi yang dilakukan Partai Keadilan
dan Pembangunan (AKP). Dakwaan itu terkait dengan sepak terjang AKP yang
dicurigai kalangan sekuler akan menghancurkan sekularisme yang
ditetapkan sebagai ideologi negeri (Turki modern) oleh Kemal Ataturk
pada 1923.
Sebagaimana
diketahui, pertengahan April lalu, AKP memelopori parlemen Turki yang
menyetujui draf perubahan UU terkait dengan pencabutan larangan jilbab.
Berdasar keputusan tersebut, perempuan Turki diperbolehkan menggunakan
jilbab di tempat-tempat resmi seperti di lembaga pendidikan, bahkan juga
di dalam ruang kerja. Jilbab adalah isu sensitif di negeri sekuler itu
lantaran dijadikan simbol pertarungan antara agamisme (Islam) dan
sekularisme. Atas perubahan UU itu, Kamis 06 Juni 2008, MK Turki
menggugurkan UU jilbab tersebut karena dianggap melanggar konstitusi
Turki sebagai negara sekuler. Kini MK menindaklanjuti putusannya
tersebut, yaitu pembuktian atas dakwaan pelanggaran konstitusi yang
didakwakan kepada AKP. MK, jajaran militer, dan beberapa lembaga negara lainnya dikenal sebagai ”sarang-sarang” kaum sekuler di Turki.
Mereka
cenderung melakukan apa pun untuk menyelamatkan sekularisme. Termasuk
membubarkan partai politik yang dianggap mengancam sekularisme. Sejauh
ini, MK Turki (didirikan pada 1963) sudah membubarkan kurang lebih 20
partai. Termasuk partai yang berhaluan agamis (Islam) seperti Partai
Rafah (dibubarkan pada 1998) dan Partai Fadilah (dibubarkan pada 2001).
Menurut sejumlah pengamat Timur Tengah, kini AKP (yang dibesarkan oleh
tokoh-tokoh berhaluan agamis) menghadapi ancaman kurang lebih sama
dengan dua partai Islam yang sudah dibubarkan.
Sistem
pendidikan di Turki dimulai dari anak usia 3 sampai 6 tahun
dikategorikan Pre School. Periode ini tidak wajib bagi orangtua untuk
mengirim anaknya ke sekolah. Tingkat partisipasi masyarakat mengirim
anak mereka hanya 33% dari usia anak pre school. Pendidikan wajib
belajar dimulai dari anak berusia 6 sampai dengan 14 tahun ( 8 tahun
wajib belajar). Sistem pendidikan di Turki menggabungkan antara sekolah
dasar dan SMP, di Indonesia menjadi satu nama yaitu pendidikan dasar.
Setamat dari pendidikan dasar anak bisa melanjutkan ke sekolah umum
(SMA) atau kejuruan (SMK) selama 4 tahun.
Konsep
pendidikan sekolah berasrama di negara Turki sama dengan konsep
pendidikan di sekolah Indonesia, lokasi yang terisolir dari keramaian
kota menghindari dampak-dampak negatif lingkungan sekitar pemenuhan
fasilitas sarana dan prasarana pendidikan didalam kampus dan melarang
seluruh siswa-siswanya untuk menggunakan televisi, handphone dan lain
sebagainya yang dianggap menggangu proses belajar mengajar.
Rekruitmen
murid dilakukan secara selektif dengan mengutamakan potensi akademik
dan kesediaan orangtua untuk membantu semua program-program sekolah,
tenaga-tenaga pendidik yang ada juga melalui proses seleksi yang ketat
tidak sembarang orang bisa menjadi guru disekolah ini, sehingga guru
yang mengajar betul-betul ahli dalam bidangnya dan memiliki kompetensi
yang digariskan oleh lembaga pendidikan tersebut.
Proses
pembelajaran yang dilakukan penuh dengan kedisplinan yang tinggi, semua
guru yang mengajar harus mengacu kepada silabus yang telah ditentukan
dan membuat persiapan mengajar sebelum PBM dimulai. Selain itu semua
guru juga dihimbau untuk berprestasi dalam bidang yang diampu, baik
prestasi akademik maupun non akademik.Maka sangatlah wajar bilamana dari
sekolah ini muncul output (alumni) yang berkualitas. Sehingga dapat
kita lihat juara-juara olimpiade dunia dalam bidang sains banyak datang
dari sekolah ini.http://khoirulsidikesz.blogspot.com/2011/11/sistem-dan-kebijakan-pendidikan-di.html
Video :
Gambar :
1 komentar
Merit Casino | Best Crypto Casino
Play at Merit Casino deccasino with 바카라 best bitcoin casino bonuses. Register with us or log in to create a new 메리트 카지노 쿠폰 account.
Posting Komentar